Searching...
Rabu, 27 April 2016

Seimbang

Tugas utama sebagai manusia pada umumnya adalah beribadah dan menjadi khalifah. Maka dua fungsi ini harus seimbang porsinya jika kita memang ingin terus bisa bertahan dalam artian sesungguhnya. Yaitu menjadi muslim yang mampu menempatkan sesuatu sesuai dengan porsinya.

Satu nasehat berharga dalam prinsip keseimbangan dalam konteks mahasiswa menurut salah satu teman saya diantaranya ibadah, akademik, dan kebermanfaatan. Maka pilihan untuk menjadi muslim yang selalu bergerak pada koridornya akan memahami tujuan ini sesungguhnya.

Hingga pada akhirnya, keseimbangan itu yang akan menstabilkan hidup kita baik dari kondisi akal maupun mental. Dan impactnya pun akan kembali lagi ke diri kita. Tetapi untuk menjadi muslim yang bisa menjalankan fungsi tersebut bukanlah sebuah perkara sepele. Butuh sedemikian proses untuk melahirkan generasi  yang seimbang.

Tidak perlu hal yang bertele-tele ketika kita berbicara muslim ideal, karena ciri-ciri dan setiap tandanya udah Al-Qur'an sebutkan. Tinggal bagaimana kita mengimplementasikan.. Dan ketahuilah kawan, bahwa Allah telah menganugrahkan kemampuan dan standar perbedaan dari masing-masing orang. Maka fahamilah kondisi pribadi yang ada, dan teruslah mengasah sesuai dengan kondisi yang ada.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Back to top!