Searching...
Rabu, 13 Juli 2016

Mengintegrasikan pengetahuan


Sistem belajar di FK UNS berkonsep PBL (problem based learning) sederhananya belajar berdasarkan masalah. Nah, jika permasalahan sudah kita inventarisir maka kita akan tahu bagaimana proses berjalannya masalah tersebut. Maka dibutuhkan sentuhan berbeda dari setiap permasalahan untuk menjadikannya benar-benar sebuah solusi.

Jangan sampai apa yang kita pelajari hanya sekedar teori saja, bahkan ketika kita belajar saja sudah saling terhubung. Maka mengapa ilmu kita hanya terhubung ke otak saja belum sampai ke anggota badan? Hingga akhirnya menggerakan semua amalan agar terintegrasi dengan sistem tubug kita, Dan bukan hanya mendapatkan kecerdasan dari siso kognitif saja.

Membangun kecerdasan psikomotorik adalah sebuah proses panjang, berbeda dengan aspek kognitif yang jauh lebih cepat dan lebih berdampak (sekilas tapi). Mungkin karena mental-mental instan telah menjadi bagian dari masyarakat maka kita susah melihat sesuatu apa yang ada didalamnya.

Kembali ke sistem yang terintegrasi, apa yang kita hafal dan faham tentu dengan izin Allah akan menjadi sebuah hikmah dan kebijaksanaan. Yang dapat terlihat dari cerminan akhlaq dan karakter seorang individu. Karena Al-Qur'an adalah risalah alam, maka jadikanlah akhlakmu juga untuk menjadi rahmat di lingkunganmu..

~Ditulis ketika akhlak penulis masih jauh dari Nilai-nilai Quran..

0 komentar:

Posting Komentar

 
Back to top!